Efek PP diganti PKB

Selamat pagi, Saya ingin bertanya, dampak positif dan negatifnya jika PP diganti dengan PKB? Mohon pencerahannya dari rekan-rekan HRD lainnya yang berpengalaman. Terima kasih.

Jawab :

Dear Bapak / Ibu, Perubahan PP menjadi PKB bisa dilakukan jika serikat pekerja yang sudah beranggota 50% + 1 dari total karyawan, dan ini juga jika serikat pekerja mengajukan, Dampak positif dan negatif - nya bukan dari perubahan nama - nya, tetapi tergantung dari perubahan isi - nya ,


Jika isi - nya tidak berubah maka tidak berdampak apa-apa, begitu sebaliknya, singkatnya demikian.
Terimakasih,
Jawab 2 :
bahwa perbedaan utama dari PP dan PKB adalah, PKB diadakan bila di perusahaan tersebut sudah mempunyai Serikat Pekerja yang sudah diakui  menjadi mitra kerja perusahaan.
Dampak perubahan, bila hubungan bipartit selama ini sudah berjalan dengan baik, mungkin dampak perubahan tidak begitu dirasakan, tetapi apabila hubungan bipartit tidak berjalan dengan lancar, sehingga memicu karyawan untuk membentuk Serikat untuk menuntut hak yang selama ini mungkin belum terakomodasi untuk disampaikan dan didengan oleh perusahaan, mungkin hal ini harus disikapi lebih lanjut.
Demikian dan terimakasih.

Share this :

Previous
Next Post »